Blog


Ekstraksi Antosianin - Ultrasonic Homogenizer

22 Maret 2020 Ultrasonic Homogenizer

Antosianin dari kata Bahasa Inggris anthocyanin, dari gabungan kata Yunani yaitu (anthos = "bunga", dan cyanos = "biru") adalah pigemen larut dalam air yang secara alami terdapat pada berbagai jenis tumbuhan. Sesuai namanya, pigmen ini memberikan warna pada bunga, buah dan daun tumbuhan hijau dan telah banyak digunakan sebagai pewarna alami pada berbagai produk pangan dan berbagai aplikasi lainnya. Warna yang diberikan oleh antosianin merupakan susunan ikatan rangkap terkonjugasinya yang panjang, sehingga mampu menyerap cahaya pada rentang cahaya yang tampak. Sitem ikatan rangkap terkonjugasi ini juga mampu menjadikan Antosianin sebagai antioksidan dengan mekanisme penangkapan radikal. Antosianin merupakan sub-tipe senyawa organic dari keluarga flavonoid dan merupakan anggota kelompok senyawa yang lebih besar yaitu polifenol. Beberapa senyawa antosianin yang paling banyak ditemukan adalah pelargonidin, peonidin, sianidin, malvidin, petunidin, dan delfinidin.

Antosianin banyak digunakan sebagai pewarna alami dalam industri makanan. Mereka memiliki spektrum warna yang luas, mulai dari oranye hingga merah, hingga ungu dan biru, tergantung pada struktur molekul dan nilai pH. Ketertarikan pada antosianin tidak hanya didasarkan pada efek pewarnaannya, tetapi juga karena sifatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Karena kekhawatiran lingkungan dan kesehatan yang berkembang sehubungan dengan pewarna sintetis, pewarna alami adalah alternatif yang bagus sebagai pewarna ramah lingkungan untuk industri makanan dan obat-obatan.


Jual Ultrasonic Homogenizer, Ultrasonic Homogenizer, Ultrasonic Homogenizer Hielscher, Ultrasonic Homogenizer Sonicator, Ultrasonic Homogenizer Disruptor, Ultrasonic Extractor Homogenizer, Handheld Ultrasonic Homogenizer, Ultrasonic Milk Homogenizer, Ultrasonic Tissue Homogenizer, Jual Hielscher UP50H, Jual Hielscher 100H, Jual Hielscher UP200St, Jual Hielscher UP200Ht, Jual Hielscher UP400St, Distributor Alat Laboratorium, Jual Alat Laboratorium


Ekstraksi Antosianin

  • Antosianin banyak digunakan sebagai pewarna alami dan tambahan nutrisi dalam produk makanan.
  • Ekstraksi ultrasonik mendorong pelepasan anthocyanin berkualitas tinggi dari tanaman yang menghasilkan hasil lebih tinggi dan proses yang cepat.
  • Sonication adalah teknik ringan, hijau dan efisien untuk produksi anthocyanin dalam industry makanan / pharma.


Kelebihan Ekstraksi Antosianin menggunakan Ultrasonic

  • Hasil Maksimal
  • Proses ekstraksi cepat hanya beberapa menit
  • Ekstrak berkualitas tinggi - ekstraksi ringan dan non-termal
  • Pelarut hijau (air, etanol, gliserin, minyak sayur, dll.)
  • Pengoperasian yang mudah dan aman
  • Operasi aman & mudah
  • Hemat biaya operasional
  • Perawatan yang ramah lingkungan
  • Metode go green.


Penggunaan Ultrasonic Homogenizer untuk Ekstraksi Antosianin dari beberapa sample :

Ekstraksi Antosianin Ultrasonik dari Beras Ungu Oryza Sativa L.

Beras ungu dari strain Oryza Sativa (juga dikenal sebagai Violet Nori atau beras ungu) sangat kaya akan fenolik seperti kelompok anthocyanin flavonoid. Turrini et al. (2018) menggunakan ekstraksi ultrasonik untuk mengisolasi polifenol seperti antosianin dan antioksidan dari caryopsis (dalam bentuk utuh, coklat, dan parboiled) dan daun beras ungu. Ekstraksi ultrasonik dilakukan menggunakan Hielscher UP200St (200W, 26kHz,) dan etanol 60% sebagai pelarut. Untuk menjaga integritas antosianin, ekstrak ultrasonik disimpan pada suhu -20 ° C, yang memungkinkan untuk menyimpannya setidaknya hingga tiga bulan. Daun ungu Oryza Sativa adalah sumber anthocyanin dan kandungan fenolik total . Dengan jumlah kira-kira. 2-3 kali lipat lebih tinggi dari pada beras dan tepung, daun Oryza menyajikan bahan baku murah untuk ekstraksi antosianin. Diperkirakan hasil sekitar 4 kg anthocyanin / t daun segar secara signifikan lebih tinggi daripada 1 kg anthocyanin / t beras, dihitung berdasarkan jumlah anthocyanin sedang yang terdeteksi dalam beras 'Violet Nori' (1300 μg / g beras, sebagai cyanidin -3-glukosida) untuk hasil sekitar 68 kg beras dari 100 kg padi.


Ekstraksi Antosianin Ultrasonik dari Kubis Merah

Ravanfar et al. (2015) telah meneliti efisiensi ekstraksi ultrasonik anthocyanin dari kubis merah. Eksperimen ekstraksi ultrasonik dilakukan dengan menggunakan sistem ultrasonik UP100H (Hielscher Ultrasonics, 30 kHz, 100 W). Sonotrode MS10 (diameter ujung 10mm) dimasukkan ke gelas beaker berjaket yang dikontrol suhu.

Potongan kubis merah yang baru dipotong dari dimensi 5mm (bentuk kubik) dan kadar air 92,11 ± 0,45% digunakan untuk percobaan ini. Gelas kaca berjaket (volume: 200ml) diisi dengan 100ml air suling dan 2g potongan kol merah. Gelas itu ditutup dengan aluminium foil untuk mencegah hilangnya pelarut (air) oleh penguapan selama proses. Dalam semua percobaan suhu dalam gelas dipertahankan menggunakan pengontrol termostatik. Sampel akhirnya dikumpulkan, disaring dan disentrifugasi pada 4000rpm dan supernatan digunakan untuk menentukan hasil antosianin. Ekstraksi dalam mode batch dilakukan sebagai eksperimen kontrol.

Hasil optimal anthocyanin dari kubis merah ditentukan pada kekuatan 100 W, waktu 30 menit dan suhu 15 ° C yang menghasilkan hasil anthocyanin sekitar 21 mg / L. Karena perubahan warna pada nilai pH dan pewarnaan yang intens, pewarna kubis merah telah digunakan sebagai indikator pH dalam formulasi farmasi atau sebagai antioksidan dan pewarna dalam sistem makanan, masing-masing.


Antosianin - Zat Aditif berharga pada Tanaman

Antosianin adalah pigmen tumbuhan vakuolar, berwarna merah, ungu, biru atau hitam. Ekspresi warna pigmen antosianin yang larut dalam air tergantung pada nilai pH-nya. Antosianin ditemukan dalam vakuola sel, sebagian besar pada bunga dan buah-buahan, tetapi juga pada daun, batang, dan akar, di mana mereka kebanyakan ditemukan pada lapisan sel luar seperti epidermis dan sel mesofil perifer. Yang paling sering terjadi di alam adalah glikosida sianidin, delphinidin, malvidin, pelargonidin, peonidin, dan petunidin.

Contoh tanaman yang kaya anthocyanin termasuk spesies Vacuminium, seperti blueberry, cranberry, dan bilberry; Berry rubus, termasuk raspberry hitam, raspberry merah, dan blackberry; blackcurrant, ceri, terong, beras hitam, ube, ubi jalar Okinawa, anggur Concord, anggur muscadine, dan kubis merah. Persik dan apel berdaging merah juga mengandung antosianin. Antosianin kurang berlimpah di pisang, asparagus, kacang polong, adas, pir, dan kentang, dan mungkin sama sekali tidak ada dalam kultivar gooseberry hijau tertentu.

Antosianin adalah alternatif yang bagus untuk menggantikan zat pewarna sintetis dalam produk makanan. Antosianin disetujui untuk digunakan sebagai pewarna makanan di Uni Eropa, Australia, dan Selandia Baru, memiliki kode pewarna E163. Antosianin ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dan dapat digambarkan sebagai jenis pigmen tanaman yang larut dalam air. Secara kimia, antosianin adalah glikosida dari Anthocyanidin yang didasarkan pada struktur 2-Phenylbenzophyrylium (flavylium).

Ada lebih dari 200 phytochemical berbeda yang termasuk dalam kategori antosianin. Sebagai pigmen warna utama dalam buah-buahan dan berry liar, ada banyak sumber dari mana antosianin dapat diekstraksi. Sumber utama anthocyanin adalah kulit anggur. Pigmen antosianin dalam kulit anggur terutama terdiri dari di-glukosida, mono-glukosida, monoglukosida terasilasi serta di-glukosida terasilasi dari peonidin, malvidin, cyanidin, petunidin dan delphinidin. Kandungan antosianin dalam anggur bervariasi antara 30-750mg / 100g.


Manfaat Antosianin untuk Kesehatan

Selain kemampuannya yang luar biasa sebagai pewarna makanan alami, antosianin sangat dihargai karena efek antioksidannya. Karena itu, antosianin menunjukkan banyak efek kesehatan yang positif. Penelitian telah menunjukkan bahwa antosianin dapat menghambat kerusakan DNA akibat sel kanker yang menjelajah dalam tubuh, memperlancar pencernaan, menginduksi produksi insulin dalam sel pankreas yang terisolasi, mengurangi respons peradangan, melindungi penurunan fungsi otak pada usia, meningkatkan pembuluh darah kapiler dan mencegah agregasi trombosit.


Untuk informasi dan pertanyaan seputar produk kami bisa bertanya disini atau menghubungi marketing kami di :

Phone : 021-27899158

Mobile : 0817-0-11-99-22

Chat : WhatsApp

Email : info@petrakaruniapersada.co.id ; melinda@petrakaruniapersada.co.id

Marketing kami akan membantu anda